Minggu, 23 April 2017

APA ITU CETAK SARING ?

Cetak Saring (Sablon)


Bagi seseorang yang masih awam, cetak saring bisa jadi sesuatu hal yang terdengar aneh. Cetak saring merupakan salah satu teknik cetak dengan menggunakan layar (screen) dengan kerapatan tertentu. Berbahan dasar Nylon atau sutra. Saat mencetak, layar ini diberi pola dari negatif desain yang sudah dibuat sebelumnya. Agar menghasilkan layar dan cetakan datar, maka kain harus direntangkan dengan kuat. Agar terbentuk bagian-bagian yang bisa dilalui bisa dilalui tinta, perlu diberi fotoresis dan disinari.

Setelah selesai, tinggal menuangkan tinta di atas layar dan kemudian disapu menggunakan palet atau rakel. Biasanya rakel ini terbuat dari karet. Satu layar hanya bisa digunakan untuk satu warna. Sedangkan sablon sendiri merupakan teknik yang biasa digunakan untuk mencetak tinta di atas bahan dengan bentuk tertentu. Kombinasi antara screen sablon dan rakel sablon, maka proses produksi akan lebih maksimal. Dari segi keuntungan, menggunakan teknik sablon akan mempermudah untuk:
  • mencetak dengan jumlah yang banyak.
  • Mendapatkan hasil yang relatif stabil.
  • Menghasilkan beberapa efek menarik (glitters, glow in the dark, timbul, mengkilap/metalik, dsb.)
  • Mendapatkan biaya produksi yang cukup terjangkau.
  • Lebih fleksibel di aneka jenis permukaan bahan.

Meski cetak sablon secara digital sudah banyak di pasaran, namun mencetak menggunakan sablon akan tetap diperlukan. Hal ini dikarenakan tidak semua jenis mesin cetak mapu mencetak di segala media. Dan, cetak sablon lah yang memiliki kemampuan sedimikian rupa untuk mengatasinya. Selain dengan cara manusal, sudah beredar pula mesin sablon otomatis. Meski begitu, cetak sablon secara manusal masih tetap menjadi idaman. Adanya jarak harga yang cukup tinggi antara mesin cetak sablon manual dan otomatis menyebabkan sablon manula masih menjadai idola. selain itu, dengan menggunakan cetak sablon manual memiliki biaya lebih murah.

Pilihan tentunya selau ada di tangan. Mesin sablon manual ataupun otomatis itu tidak jadi masalah. Ketika sudah bisa menggunakan teknik cetak saring atau sablon, maka itu artinya sudah memiliki modal berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar